JAKARTA - Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke-IX tahun 2022 akan digelar oleh Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional adalah kejuaraan olahraga dan seni yang diikuti oleh santri yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Pospenas tahun ini akan digerlar di Kota Surakarta, Jawa Tengah dan akan berlangsung mulai tanggal 23-27 November 2022.

Pospenas merupakan ajang untuk memupuk rasa persatuan, persahabatan, dan persaudaraan antarsantri, meningkatkan minat olahraga dan seni bagi santri.

Tujuannya meningkatkan kesehatan, kesegaran jasmani, dan rohani, mengembangkan kreativitas, membangun disiplin dan sportivitas santri.

Cabang olahraga dan lomba yang akan dipertandingkan meliputi: Atletik, Pencak Silat, Senam Santri, Senam SKJ, Kaligrafi Islam, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Video dan Film Pendek, Seni Hadrah.

PP KAMMI (Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) melalui Bidang Pemuda dan Olahraga mengapresiasi atas rencana Pospenas yang akan digelar pada akhir bulan November tahun ini.

Wahid Ikhwan, Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga menyampaikan bahwa acara seperti ini yang rutin digelar tiap tahunnya tentu akan memberikan dampak positif terhadap olahraga, terutama dikalangan Pesantren.

"Melalui Pospenas, ini bisa menjadi bukti bahwa santri juga memiliki kemampuan dan prestasi dalam bidang olahraga, yang kemampuannya bisa diperhitungkan untuk tahap lebih profesional.

"Bahkan saat ini banyak juga atlet-atlet profesional yang sudah go internasional berasal dari kalangan santri." tambah Wahid.

Ketua Umum PP KAMMI, Zaky Ahmad Rivai juga turut menyampaikan dukungannya terhadap event besar bagi para santri.

Ia menyampaikan. "Semoga event ini memberikan manfaat bagi para santri. Menjadi pelajaran untuk mereka memahami arti sportivitas dan tanggung jawab lewat olahraga."

Direktur PD Pontren, Waryono Abdul Ghofur meyampaiakan akan segera merilis Juknis Pospenas ke-IX tahun 2022 ini.  Kabarnya, Pospenas ini akan menjadi momen yang meriah bagi kalangan santri dari berbagai penjuru.

Acara Pembukaan Pospenas nanti akan digelar di Stadion Manahan, salah satu Stadion Utama di Kota Surakarta.

Pendaftaran Pospenas IX tahun 2022 paling lambat dilakukan pada tanggal 11 November 2022, jangan sampai terlewat. (Wahid)

 


Bagikan :