Jakarta - Senin (31/10/22) Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang jatuh pada tanggal 28 oktober 2022. PP KAMMI bersama-sama KEMENPORA RI mengadakan Webinar Diskusi Publik secara daring.

 

Turut hadir Ketua Umum PP KAMMI, Zaky Ahmad Rivai, SH.I, MH menyampaikan "Sudah saatnya kader-kader KAMMI itu paham dan sadar akan pentingnya spirit dan ekosistem wirausaha ini, yaitu tujuannya adalah kemandirian ekonomi. Dan wirausaha yang dimaksud bukanlah wirausaha kaleng-kaleng atau wirausaha palugada, yang hanya bisa berencana tapi minim aksi. Akan tetapi wirausaha yang akan kita cetak adalah yang betul-betul bisa bersaing, berkualitas dan berkembang kedepannya." dalam sambutannya.

 

Sementara itu, turut hadir dalam acara tersebut sebagai Narasumber utama adalah Bapak Drs.Imam Gunawan, M.AP menyampaikan, "Wirausaha Muda adalah Pemuda yang memiliki kemampuan dalam mengenali & mengelola diri sendiri, serta dapat mengidentifikasi peluang &  mengelola sumberdaya secara kreatif, untuk menciptakan nilai tambah bagi diri & lingkungannya."

 

Beliau juga menyampaikan,

"Ternyata dalam kewirausahaan sudah mencakup kepemimpinan dan kepeloporan, artinya wirausaha adalah pilihan yang bagi pemuda yang ingin mengembangkan skill leadership, pionership sekaligus entrepreneurship."

 

Dan terakhir beliau juga menyampaikan, "Anak muda jangan takut untuk memulai bisnis, namun tidak hanya sekedar membuat produk,  usahakan wirausaha muda lebih memfokuskan bisnisnya pada social impact apa yag dapat diberikan kepada masyarakat dan lingkungan, dan solusi apa yang bisa kita berikan pada problematika di masyarakat, ini yang kemudian menjadi nilai tambah bagi usaha rekan-rekan semua" Ujar Bapak Drs.Imam Gunawan M.AP selalu Plt.Asdep Pengembangan Wirausaha Pemuda KEMENPORA RI

 

Kemudian, Ketua Bidang Pariwisata & Ekonomi Kreatif juga menyampaikan, "Presiden Jokowi mengatakan bahwa presentase jumlah wirausaha Indonesia masih jauh lebih rendah, dibandingkan negara-negara tetangga ASEAN lainnya, untuk itu kita harus ikut andil dalam membantu pemerintah meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia. Belum lagi 'badai'  Resesi 2023 yang akan datang, yang disampaikan oleh Pak Presiden, harus kita sikapi dengan mempersiapkan diri kita, agar dapat bertahan disaat resesi. Salahsatunya dengan acara mulai membangun skill entrepreneurship. Mirip seperti resesi yang terjadi pada tahun 2020, dimana pada saat itu awal pandemi, daya beli rendah dan ekonomi lesu, Akan tetapi perekonomian justru ditopang dan digerakkan oleh UMKM, yang mana merupakan wira atau pahlawan bagi negara." Ujar M.Ridwan Uda, SE.

 

Terakhir, Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga PP KAMMI, Wahid Ikhwan Nurdin, S.Pd (Or) menyampaikan, "Saya selaku Ketua Bidang PORA, mendukung program Pengembangan Wirausaha Pemuda antara PP KAMMI dengan KEMENPORA RI, harapannya pemuda indonesia bisa bangkit dari keterpurukan menjadi kemajuan, bangkit dari ketergantungan menjadi  kemandirian dan bangkit dari ketidakberdayaan menjadi berdaya dan berpendapatan" Ujar Wahid Ikhwan Nurdin, S.Pd

 

Adapun acara Diskusi Publik ini bertemakan, Youth National Entrepreneur Forum (YNEF) 2022, "Peran Pemuda sebagai Simpul Ekosistem dan Pengembangan Wirausaha Pemuda di Indonesia".

 

red: MRU


Bagikan :