Kunjungi Samarinda, KAMMI Kaltimtara tuntut wapres benahi berbagai permasalahan di Kaltim

  • Oct 08, 2023
Blog Images

Samarinda, 3 Agustus 2023 - Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kalimantan Timur-Utara sambut kedatangan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia di Kota Samarinda. Gerakan yang diinisiasi oleh KAMMI Kaltimtara bertujuan untuk mengangkat berbagai isu lokal yang menjadi perhatian masyarakat calon wilayah Penyangga IKN.

 

KAMMI Kaltimtara menyuarakan tuntutan terkait perlindungan lingkungan dan penyelesaian perkara tambang ilegal di Kalimantan Timur. Deforestasi, tambang ilegal dan perubahan iklim menjadi tiga isu utama yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem tanah Kalimantan yang menjadi paru-paru dunia. "KAMMI berharap pemerintah dapat mengambil langkah tegas dan tepat untuk mengurangi tingkat deforestasi, menindak tambang ilegal dan mendorong program rehabilitasi hutan sebagai bagian dari upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup," pungkas Joji Kepala Departemen Kebijakan Publik KAMMI Kaltimtara.

 

KAMMI juga menyoroti isu aksesibilitas pendidikan yang menyeluruh bagi masyarakat pedalaman dan desa-desa terpencil di Kalimantan Timur. Sejalan dengan komitmen Wapres dalam meningkatkan kualitas pendidikan. 

 

"KAMMI berharap pemerintah dapat memperkuat infrastruktur pendidikan dan memfasilitasi akses pendidikan yang lebih merata bagi seluruh masyarakat, termasuk yang berada di daerah terpencil," ucap Joji. 

 

Tidak cukup sampai disitu, KAMMI Kaltimtara yang terhimpun dari gerakan kepemudaan mengkritisi ketersediaan lapangan kerja bagi generasi muda di Kaltim. Furqon selaku sekjen KAMMI Kaltimtara mendorong pemerintah untuk meluncurkan program pelatihan dan bantuan modal usaha bagi para pemuda yang ingin berwirausaha serta memberikan ruang keterlibatan pemuda dalam pembangunan IKN kedepan yang berorientasi kepentingan rakyat. "KAMMI berharap langkah ini dapat membantu mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat," ucapnya. 

 

Furqon menegaskan KAMMI Kaltimtara akan menjqdi garda terdepan dalam penguatan toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Kalimantan Timur. "KAMMI mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang harmonis dan saling menghargai perbedaan," ucapnya.

 

Aksi sambut kehadiran Wapres di Samarinda ini diharapkan dapat menjadi platform bagi KAMMI Kaltimtara untuk menyampaikan aspirasi masyarakat dan memperkuat peran mahasiswa dalam pembangunan daerah. KAMMI berkomitmen untuk terus berpartisipasi aktif dalam membangun Indonesia yang lebih baik, berlandaskan nilai-nilai keadilan dan kemanusiaan.